Jumat, 17 Juni 2016

Memilih Asuransi, Memilih Teman Setia

Produk asuransi seharusnya menjadi sebuah kebutuhan primer setelah sandang pangan dan papan, karena melalui asuransi seseorang akan memiliki jaminan masa depan untuk dirinya sendiri maupun keluarga menjadi lebih pasti. Tetapi produk asuransi yang bisa melindungi seseorang ditentukan kredibel tidaknya perusahaan asuransi yang menjaminnya. Setelah tahun 2009 PT AIG life telah berubah menjadi PT AIA Financial  yang merupakan anak perusahaan dari AIA group, yang keberadaannya terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai perusahaan asuransi yang menempati peringkat ke dua di Indonesia, AIA finance memiliki berbagai produk asuransi yang dapat memberikan jaminan sesuai dengan kebutuhan nasabahnya. Thn 2014 lalu, AIA bahkan menempati peringkat ke 3 dalam hal Total Weighted Premium Income (TWPI) dengan pangsa pasar 10,3 persen dengan pertumbuhan sebesar 23% dari tahun sebelumnya menjadi Rp 8.1 T.

Dalam sebuah diskusi di bilangan Jakarta Selatan Minggu 12 Juni lalu, Valuklik bekerjasama dengan AIA Finance mengambil tema BLOGGING and BEYOND. How to optimized your own blog. Dalam diskusi itu hadir pembicara Fritz Ananda, Marketing Bussines Partner AIA Finance, Sintaries Ni Jerindra, Co Founder Blogger Perempuan dan Alfred Lucky Chandra, SEO Manager Valuklik. Diskusi itu sendiri diikuti lebih dari 50 blogger yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.
Sintaries dalam blog and Beyond foto Dian Anthie

Diskusi dalam rangka mengisi bulan puasa Ramadhan 1437H ini Sintaries, seorang praktisi media social dan CO founder Blogger perempuan menerangkan blogging atau nge-blog adalah sebuah kegiatan tulis menulis di media online yang sifatnya sangat personal. Kemampuan menulis seseorang sehingga dapat mengikat pembacanya, meningkatkan jumlah follower dan menaikkan ranking atau peringkat di mata agency, ditentukan dari beberapa hal seperti unik, segementasi dan beberapa hal lain. Sekitar 30 menit Sintaries mengupas berbagai hal yang berkaitan dengan dunia tulis menulis, media social dan personalitas blogger yang ditekuninya sejak beberapa tahun lalu, yang kemudian banyak mengundang pertanyaan dari para blogger yang hadir.

Sesi berikutnya yang diisi oleh Fritz Ananda, seorang Marketing Bussines Partner dari AIA menjelaskan betapa pentingnya seorang memiliki asuransi, baik yang masih jomblo, istilah yang dimaksudkan pada mereka yang masih belum berkeluarga, ataupun mereka yang telah memiliki pasangan hidup dan buah hati. Pentingnya asuransi di masa sekarang karena banyak hal terjadi yang dapat menyebabkan keuangan dan ekonomi seseorang menjadi jatuh, contoh sakit yang mengharuskan di rawat di rumah sakit atau kecelakaan. Banyak orang menabung atau menyisihkan hasil kerja kerasnya akhirnya jatuh bangkrut karena tidak memiliki proteksi atau asuransi. Uang yang disimpan akhirnya habis karena membiayai rumah sakit atau karena ha-hal tidak terduga lainnya.

Memiliki asuransi berarti seseorang telah melakukan perencanaan keuangan untuk menjamin masa depannya, memproteksi keluarga dan anak-anaknya, juga merealisasikan impian hidup lebih tenang, seimbang antara bekerja dan berinvestasi. Melalui asuransi seseorang dapat menentukan berapa besar proteksi yang diinginkan bagi dirinya, bagi keluarga dan anak-anak, serta besarnya investasi dengan harapan keuntungan financial yang akan diberikan di masa yang akan datang.

Fritz Ananda menggambarkan beberapa jenis asuransi yang dapat diambil seseorang untuk menjamin masa depannya, baik asuransi konvensional maupun yang berbentuk syariah. Indonesia dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia merupakan pangsa pasar yang sangat berarti bagi perkembangan asuransi syariah. Melalui AIA Sakinah Assurance, AIA fianance berusaha mewujudkan arti teman setia bagi para nasabahnya. AIA sakinah Assurance adalah jenis asuransi yang dapat memberikan 4 kata kunci sebagaimana seorang teman setia yaitu Tenang, Optimal, Tenteram dan Bahagia.

Teman setia akan selalu memberikan ketenangan, hal itu yang diberikan AIA Assurance, karena pengelolaan asuransi sesuai prinsip syariah, saling menolong, melindungi dan menanggung resiko atas sesame peserta  asuransi jiwa syariah. Sebagai teman setia AIA Sakinah Assurance juga berusaha memberikan sesuatu yang optimal, seperti  3 pilihan investasi yang pasti lebih baik dibanding investasi lain. AIA sakinah Assurance juga memberikan perasaan tenteram bagi peserta asuransi karena memberikan perlindungan jiwa dan kecelakaan serta perlindungan tambahan sesuai dengan kebutuhan. Dan yang terakhir setiap peserta AIA Sakinah akan memberikan kesempatan mendapatkan surplus underwriting setiap tahun, layaknya kado ulang tahun dari seorang teman setia.

Dalam kehidupan modern yang sangat ketat persaingannya, dimana seseorang menjadi lebih banyak bekerja dibanding istirahat atau sedikit berwisata sebagai penyeimbang kehidupan, orang menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit kritis seperti stroke, jantung atau penyakit lain. Lewat proteksi tambahan AIA Sakinah Assurance memberikan layanan asuransi kesehatan yang komprehensif yang memberikan penggantian biaya selama rawat inap di rumah sakit rekanan secara cashless, memberikan 100% santunan apabila terdiagnosa 32 penyakit kritis dan perlindungan terhadap cacat tetap dan penyakit kritis  dengan memberikan pembebasan pembayaran kontribusi apabila penderita menderita resiko.


Meski dalam istilah AIA Sakinah Assurance seperti Tabarru atau dana Rabarru agak sedikit berbeda dengan istilah asuransi konvensional, tetapi yang lebih penting adalah manfaat yang dijamin oleh AIA Sakinah Assurance sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam agama Islam, demikain penjelasan penutup dari Fritz Ananda dalam diskusi sore itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar